Apa itu diplegia spastik?

Apa itu diplegia spastik?

Cerebral palsy spastik diplegia adalah gangguan pada otak yang bersifat non-progresif yang disebabkan oleh adanya lesi atau perkembangan abnormal pada otak yang ditandai denganadanya spastic dangerakan yang kaku yang menyertai kedua sisi tubuh yaitu kedua belah kaki.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Cerebral Palsy?

Cerebral palsy atau lumpuh otak adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan perkembangan otak, yang biasanya terjadi saat anak masih di dalam kandungan.

Berapa jenis Cerebral Palsy?

Terdapat tiga jenis cerebral palsy, yaitu spastic, athetoid, dan ataxia. Apa saja perbedaannya? Cerebral palsy spastic, membuat anak pengidapnya kesulitan merilekskan otot. Cerebral palsy athetoid, memengaruhi kemampuan anak untuk mengendalikan otot-otot tubuh, seperti lengan atau kaki.

Bagaimana ciri ciri anak Cerebral Palsy?

Inilah Gejala Cerebral Palsy pada Bayi

  • Gangguan tumbuh kembang, misalnya bayi belum bisa berguling, merangkak, duduk, dan berjalan.
  • Terdapat bagian tubuh yang terlalu terkulai atau kaku.
  • Bayi hanya menggunakan satu sisi tubuh saja dalam beraktivitas.
  • Sulit bernapas.
  • Sering mengalami kejang.

Apakah penderita cerebral palsy dapat sembuh?

Cerebral palsy adalah kondisi yang tidak bisa disembuhkan alias akan berlangsung seumur hidup, tapi kondisi ini juga tidak akan memburuk. Kebanyakan anak yang mengidap cerebral palsy dalam tahap ringan, masih bisa menjalani aktivitasnya dengan normal.

Apakah anak cerebral palsy bisa jalan?

Klasifikasi Tingkat Keparahan Cerebral Palsy Anak dapat berjalan tanpa pembatasan/tanpa alat bantu, tidak memerlukan pengawasan orang tua, cara berjalan cukup stabil, dapat bersekolah biasa, aktivitas kehidupan sehariā€“hari 100 % dapat dilakukan sendiri.

Apakah Cerebral Palsy berbahaya untuk anak?

Cerebral Palsy memang penyakit berbahaya dan menimbulkan efek yang begitu menyeramkan, yaitu kelumpuhan pada anak. Apalagi penyakit ini bersifat permanen. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kondisi si Kecil, bahkan sejak masih dalam kandungan.

Apakah anak penderita cerebral palsy bisa sembuh?

Cerebral palsy adalah kondisi yang tidak bisa disembuhkan alias akan berlangsung seumur hidup, tapi kondisi ini juga tidak akan memburuk. Kebanyakan anak yang mengidap cerebral palsy dalam tahap ringan, masih bisa menjalani aktivitasnya dengan normal. Namun, ada juga pengidap yang mengalami gejala yang lebih parah.

Apakah anak cerebral palsy memiliki harapan hidup normal?

Selain itu, seorang pasien cerebral palsy dapat hidup normal meskipun cacat dan tidak dapat memiliki anak sendiri. Hal ini disebabkan bukan karena pasien cerebral palsy bisa menularkan penyakitnya kepada anaknya.

Bisakah anak CP berjalan?

Sehingga memang pada anak normal yang berusia 9 bulan biasanya sudah bisa tengkurap, duduk dan merangkak atau bahkan terkadang ada yang bisa sudah mulai belajar berjalan, sedangkan pada penderita CP perkembangan seperti ini bisa saja dialami pada usia diatas 1 tahun atau lebih.

Apakah cerebral palsy berbahaya untuk anak?

Apakah anak CP bisa hidup normal?