Apa yang dimaksud dengan korupsi?

Apa yang dimaksud dengan korupsi?

Korupsi atau rasuah atau mencuri (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok, mencuri, maling) adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak …

Apa yang disebut gratifikasi menurut UU No 20 tahun 2001 perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi jelaskan?

Pengertian gratifikasi dapat ditemukan dalam Penjelasan Pasal 12B Ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 yaitu pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan …

Jelaskan apa saja jenis jenis korupsi?

Ketigapuluh bentuk tindak pidana korupsi tersebut pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi tujuh jenis yaitu korupsi yaitu:

  • Terkait keuangan negara/perekonomian Negara,
  • Suap-menyuap,
  • Penggelapan dalam jabatan,
  • Pemerasan,
  • Perbuatan curang,
  • Benturan kepentingan dalam pengadaan dan.
  • Korupsi terkait gratifikasi.

Apa ciri ciri korupsi?

Secara garis besar ciri-ciri korupsi dapat diidentifikasikan sebagai berikut : 1. Korupsi senantiasa melibatkan lebih dari satu orang, 2. Korupsi pada umumnya dilakukan secara keserbarahasiaan, Page 3 3 3. Mereka yang melakukan cara-cara korupsi biasanya berusaha menyelubungi perbuatannya dengan berlindung dibalik …

Apa saja penyebab korupsi?

Faktor-faktor penyebab korupsi adalah keserakahan (greed), kesempatan (Opportunity), kebutuhan (Needs), dan pengungkapan (Expose). Keserakahan berpotensi dimiliki setiap orang dan berkaitan dengan individu pelaku korupsi.

Apakah gratifikasi termasuk dalam korupsi?

Gratifisi merupakan akar dari korupsi dan dilarang karena dapat membuat pejabat dan pegawai negara tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan melakukan penyelewengan kekuasaan.

Apa isi UU Nomor 20 Tahun 2001?

UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Apa yang dimaksud dengan korupsi dan jelaskan jenis jenis korupsi?

Pengertian Korupsi Korupsi adalah penyalahgunaan amanah untuk kepentingan pribadi. Masyarakat pada umumnya menggunakan istilah korupsi untuk merujuk kepada serangkaian tindakan-tindakan terlarang atau melawan hukum dalam rangka mendapatkan keuntungan dengan merugikan orang lain.

Apa penyebab terjadi korupsi?

Perilaku korupsi terjadi karena sikap mental materialistik dan konsumtif di masyarakat serta sistem politik yang masih mendewakan materi. Perilaku Korupsi dipicu oleh faktor internal (dari dalam diri individu) dan faktor ekternal (dari luar diri individu).

Faktor apa saja yang menyebabkan tindak pidana korupsi?

Penyebab seorang melakukan korupsi adalah lemahnya pendidikan agama, moral, dan etika serta disebabkan oleh beberapa factor lainnya. Dari faktor penyebab korupsi tersebut menimbulkan akibat hukum yang harus dipertanggungjawabkan.

Mengapa seseorang bisa mengarah ke perilaku korupsi?

Pertama dari sisi aspek perilaku individu, di mana ada sifat tamak/rakus manusia, lalu moral yang kurang kuat, hingga gaya hidup yang konsumtif. Sementara dari aspek sosial, perilaku korup dapat terjadi karena dorongan perilaku keluarga yang mengalahkan sifat baik seseorang yang sudah menjadi pribadinya.

Mengapa gratifikasi termasuk salah satu bentuk korupsi?

Gratifikasi sering dianggap sebagai akar korupsi. Gratifikasi dilarang karena mendorong pegawai negeri atau penyelenggara negara bersikap tidak obyektif, tidak adil dan tidak profesional. Akibatnya, pegawai negeri atau penyelenggara negara tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Apakah korupsi menurut undang-undang dan para ahli?

Pengertian Korupsi Menurut Undang-Undang dan Para Ahli – Korupsi adalah suatu tindakan yang sangat tidak terpuji dan dapat merugikan suatu bangsa. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus korupsi yang terbilang cukup banyak.

Mengapa korupsi dilihat dari perspektif Administrasi Negara?

Pengertian korupsi ini dilihat dari perspektif administrasi negara. Pengertian korupsi menurut Nathaniel H. Left adalah segala cara diluar hukum yang digunakan oleh perorangan atau golongan dalam memengaruhi tindakan birokrasi.

Apakah korupsi merupakan pencurian?

Selain pengertian secara umum, para ahli dan pakar memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu korupsi. Berikut merupakan pengertian korupsi menurut para ahli secara lengkap, Pengertian korupsi menurut Alatas (1987) adalah pencurian yang melalui penipuan dalam situasi yang mengkhianati kepercayaan.

Apakah korupsi Menurut Philip adalah penyalahgunaan kekuasaan?

Pengertian korupsi menurut Philip adalah penyalahgunaan kekuasaan dan kepercayaan, untuk kepentingan pribadi. Atau sebuah perilaku yang tidak mematuhi perinsip dalam mempertahankan jarak.